Pendidikan Penelitian Pengabdian Pelatihan
Mat Eko 1 Mat Eko 2 Stat Eko 1 Stat Eko 2 Ekonometrika 1 Ekonometrika 2
Jurnal Pemb Jurnal Moneter Jurnal Perencanaan
Diskusi Stat Eko Diskusi Ekonometrika Diskusi Blog
Mat Eko 1 Mat Eko 2 Stat Eko 1 Stat Eko 2 Ekonometrika 1 Ekonometrika 2
Slmt Datang Di Blog Page Rank Di Blog Contoh Menu 2 Contoh Menu 3 Contoh Menu 4 Contoh Menu 5

Selasa, 11 Maret 2014

Matematika dan Statistika, Serupa Tapi Tak Sama

Di UGM dan di beberapa PT lainnya seperti IPB, Program Studi (atau bisa disebut juga jurusan) Statistika terpisah, berbeda dengan Program Studi Matematika. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan seorang kawan:

Apa bedanya Statistika dengan Matematika?

Sepertinya banyak orang pula yang bertanya-tanya hal tersebut. Sampai saat ini masih terjadi silang perdapat apakah Statistika merupakah cabang dari Matematika ataukah merupakan Ilmu yang berbeda dari Matematika. Kalau kita lihat di Amrik sono, Matematikawan dan Statistikawan mempunyai wadah masing-masing, ada MAA (Mathematical Association of America) untuk matematikawan, ada ASA (American Statistical  Association) untuk Statistikawan.

Nah.. Sekarang mari  kita lihat objek studi dari Matematika dan Statistika,
Saya sering berkata bahwa objek dari Matematika adalah konsep-konsep abstrak yang ada dikepala kita, sedangkan Statistika menurut wikipedia adalah:
Statistics is the science of the collection, organization, and interpretation of data
Ada satu kata yang bisa kita garis bawahi yaitu: Data. Jadi Statistika berurusan dengan mengumpulkan, menganalisa dan menginterprestasi data. Tentu saja alat untuk melakukan hal tersebut (mengumpulkan, menganalisa dan menginterprestasi data) adalah matematika. Nah.. Dari sudut pandang ini terlihat Matematika dan Statistik adalah 2 ilmu yang berbeda karena mempunyai objek study yang berbeda.

Nah... Kalau begitu apakah seorang Statistikawan hanya berkutat, hanya ngurusi data? Oh.. Tidak mereka tidak fokus ama data tetapi mereka justru fokus ama alatnya, alat untuk mengumpulkan, menganalisa dan menginterprestasi data. Para Statistikawan bertugas untuk mempelajari dan mengembangkan alat tersebut. Seperti yang sudah Saya katakan alat tersebut adalah matematika. Oleh karena itu bisa dikatakan Statistika adalah cabang dari Matematika yang bertugas untuk merumuskan, merangkai bahasa Matematis menjadi alat pengolah data.

Nah... Jadi Matematika dan Statistika mempunyai bahasa yang sama yaitu bahasa simbol dan logika, bedanya statistika topiknya adalah data sedangkan matematika topiknya adalah bahasa simbol dan logika itu sendiri.
Dengan kata lain Matematika dan Statistika, serupa tapi tak sama.


Sumber:
Dapat dilihat disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya Mengharapkan Saran & Kritik Yang Bersifat Konstruktif Untuk Perbaikan Blogger Ali TtphS.

Ronaldo

Ronaldo Luis Nazario de Lima