KUARTIL
Kuartil (K) adalah nilai-nilai yang membagi serangkaian data atau suatu frekuensi menjadi empat bagian yang sama.
Menurut Sudijono, 2006:112. Dalam dunia
statistik, yang dimaksud dengan kuartil ialah titik atau skor atau nilai
yang membagi seluruh distribusi frekuensi kedalam empat bagian yang
sama besar, yaitu masing-masing sebesar 1/4N.
Dalam buku Suharyadi dan Purwanto SH,
Kuartil diartikan sebagai ukuran letak yang membagi data yang telah
diurutkan atau data yang berkelompok menjadi 4 bagian sama besar atau
setiap bagian dari kuartil sebesar 25%. Kuartil 1 (K1) membagi data
sebelah kiri sebesar25% dan sebelah kanan 75%. Kuartil 2 (K2) membagi
data menjadi 2 bagian yang sama yaitu sisi kanan dan sisi kiri sebesar
50%, jika kurva berbentuk simetris maka K2 sama dengan Median. K3
membagi data sebelah kiri sebesar 75% dan sebelah kanan 25%.
Untuk mencari Q1,Q2 dan Q3 digunakan rumus sebagai berikut:
- untuk data tunggal
Qn = 1 + ( n/4N-fkb)fi
- untuk data kelompok
Qn = 1 + (n/4N-fkb)x iFi
Keterangan:
- Qn = kuartil yang ke-n. karena titik kuartil ada tiga buah, maka n dapat diisi dengan bilangan: 1,2, dan 3.
- 1 = lower limit ( batas bawah nyata dari skor atau interval yang mengandung Qn).
- N= Number of cases.
- Fkb= frekuensi kumulatif yang terletak dibawah skor atau interval yang mengandung Qn.
- Fi= frekuensi aslinya (yaitu frekuensi dari skor atau interval yang mengandung Qn).
- i= interval class atau kelas interval.
Catatan:
- istilah skor berlaku untuk data tunggal.
- istilah interval berlaku untuk data kelompok.
Contoh perhitungan kuartil untuk data tunggal
Misalkan dari 60 orang siswa MAN Jurusan
IPA diperoleh nilai hasil EBTA bidang studi Fisika sebagaimana tertera
pada table distribusi frekuensi berikut ini. Jika kita ingin mencari Q1,
Q2, dan Q3 (artinya data tersebut akan kita bagi dalam empat bagian
yang sama besar), maka proses perhitungannya adalah sebagai berikut:
Table 3.11. Distribusi frekuensi nilai
hasil Ebta dalam bidang studi fisika dari 60 orang siswa MAN jurusan
ipa, dan perhitungan Q1, Q2, dan Q3.
Nilai (x)
|
F
|
Fkb
|
46
|
2
|
60
|
45
|
2
|
58
|
44
|
3
|
56
|
43
|
5
|
53
|
42
|
F1 (8)
|
48
|
41
|
10
|
20
|
40
|
F1 (12)
|
30
|
39
|
F1 (6)
|
18
|
38
|
5
|
12
|
37
|
4
|
7
|
36
|
2
|
3
|
35
|
1
|
1
|
- Titik Q1= 1/4N = ¼ X 60 = 15 ( terletak pada skor 39). Dengan demikian dapat kita ketahui: 1= 38,50; fi = 6; fkb = 12
Q1= 1 + ( n/4N-fkb) = 38,50 +(15-12)
Fi 6
= 38,50 +0,50
= 39
- Titik Q2= 2/4N = 2/4 X 60 = 30 ( terletak pada skor 40). Dengan demikian dapat kita ketahui: 1= 39,50; fi = 12; fkb = 18
Q2 = 1 + ( n/4N-fkb) = 39,50 +(30-18)
Fi 12
= 39,50 +1,0
= 40,50
- Titik Q3= 3/4N = 3/4 X 60 = 45 ( terletak pada skor 42). Dengan demikian dapat kita ketahui: 1= 41,50; fi = 8; fkb = 40
Q3 = 1 + ( n/4N-fkb) = 41,50 +(45-40)
Fi 8
= 41,50+ 0,625
= 42,125
Contoh perhitungan kuartil untuk data kelompok
Misalkan dari 80 orang siswa MAN jurusan
IPS diperoleh skor hasil EBTA dalam bidan studi tata buku sebagaimana
disajikan pada tabel distribusi frekuensi beikut ini ( lihat kolom 1 dan
2). Jika kita ingin mencari Q1, Q2, dan Q3, maka proses perhitungannya
adalah sebagai berikut:
- Titik Q1= 1/4N = ¼ X 80 = 20 ( terletak pada interval 35-39). Dengan demikian dapat kita ketahui: 1= 34,50; fi = 7; fkb = 13, i= 5.
Q1 = 1 + ( n/4N-fkb) Xi = 34,50 +(20-13) X5
Fi 7
= 34,50 +5
= 39,50
- Titik Q2= 2/4N = 2/4 X 80 = 40 ( terletak pada interval 45-49). Dengan demikian dapat kita ketahui: 1= 44,50; fi = 17; fkb = 35, i= 5.
Q1 = 1 + ( n/4N-fkb) Xi = 44,50 +(40-35) X5
Fi 17
= 44,50 +1.47
= 45,97
- Titik Q3= 3/4N = 3/4 X 80 = 60 ( terletak pada interval 55-59). Dengan demikian dapat kita ketahui: 1= 54,50; fi = 7; fkb = 59, i= 5.
Q1 = 1 + ( n/4N-fkb) Xi = 54,50 +(55-59) X5
Fi 7
= 54,50 + 0,71
= 55,21
Tabel 3.12. distribusi frekuensi skor-skor hasil EBTA bidang studi
tata buku dari 80 orang siswa man jurusan ips, berikut perhitungan
Q1,Q2, dan Q3.
Nilai (x)
|
F
|
Fkb
|
70-74
65-69
60-64
55-59
50-54
45-49
40-44
35-39
30-34
25-29
20-24
|
3
5
6
7
7
17
15
7
6
5
2
|
80
77
72
66
59
52
35
20
13
7
2
|
Total | 80= N | - |
- Jika Q3-Q2 = Q2- Q1 maka kurvanya adalah kurva normal.
- Jika Q3-Q2 > Q2- Q1 maka kurvanya adalah kurva miring/ berat ke kiri(juling positif).
- Jika Q3-Q2 < Q2- Q1 maka kurvanya adalah kurva miring/ berat ke kanan(juling negatif).
DESIL
DESILDesil adalah ukuran letak yang membagi data yang telah diurutkan atau data berkelompok menjadi 10 bagian yang sama besar, atau setiap bagian dari desil sebesar 10%.
Ukuran Letak
|
Rumus Ukuran Letak | |
Data Tunggal | Data Berkelompok | |
Desil 1 (D1) | [1(n+1)]/10 | 1n/10 |
Desil 2 (D2) | [2(n+1)]/10 | 2n/10 |
…. | … | … |
Desil 9 (D9) | [9(n+1)]/10 | 9n/10 |
Berikut ini adalah data upah dari 13 karyawan dalam ribuan rupiah, yaitu 40, 30, 50, 65, 45, 55, 70, 60, 80, 35, 85, 95, 100, (n = 13). Cari nilai D1. D2, dan D9.
PENYELESAIAN
D1 = nilai ke 1(13 + 1)
10
= nilai ke-14/10
= nilai ke-14/10, berarti X1 + 4/10(X2 – X1)
= 30 + 4/10(35 – 30)
= 32
D2 = nilai ke 2(13 + 1)
10
= nilai ke-28/10, berarti X2 + 8/10 (X3 – X2)
= 35 + 8/10 (40 – 35)
` = 39
D9 = nilai ke 9(13 + 1)
10
= nilai ke-126/10, berarti X12 + 6/10 (X13 – X12)
= 95 + 6/10 (100 – 95)
= 98
Rumus Desil data berkelompok
Rumus Desil :
Keterangan :
- D = desil ke-i
- n = banyak data
- F = frekuensi kumulatif kelas sebelum kelas desil
- f = frekuensi kelas desil
- b = tepi bawah kelas
- l = lebar kelas
PRESENTIL
Presentil adalah ukuran letak yang membagi data yang telah diurutkan atau data yang berkelompok menjadi 100 bagian yang sama besar, atau setiap bagian dari desil sbesar 1%.
Ukuran Letak
|
Rumus Ukuran Letak | |
Data Tunggal | Data Berkelompok | |
Presentil 1 (P1) | [1(n+1)]/100 | 1n/100 |
Presentil 2 (P2) | [2(n+1)]/100 | 2n/100 |
…. | … | … |
Presentil 99 (D9) | [99(n+1)]/100 | 99n/100 |
i(n + 1)Pi = nilai yang ke , i = 1, 2, …, 99
100
Untuk data berkelompok
Keterangan :
- Pi = persentil ke-i
- b = tepi bawah
- n = banyaknya data
- F = frekuensi kumulatif kelas sebelum kelas persentil
- f = frekuensi kelas persentil
- l = lebar kelas
Menentukan Presentil 40 dari tabel berikut.. tabel nilai siswa kelas XII IPS
Maka dapat dihasilkan sebagai berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saya Mengharapkan Saran & Kritik Yang Bersifat Konstruktif Untuk Perbaikan Blogger Ali TtphS.